Selasa, 22 Januari 2019

PENYEBAB SAKIT GIGI


1.  Gigi berlubang.
Hal ini disebabkan adanya plak yang menjadi tempat kembang biak bakteri. Bakteri akan menghasilkan asam, hasil dari fermentasinya dengan karbohidrat dan merusak email gigi serta menyebabkan gigi berlubang.

Untuk mengatasinya, gosok gigi secara teratur dua kali sehari selama dua menit dan hindari makanan yang mengandung gula diantara jam makan.
2.   Mulut kering.
Mulut kering atau tanpa air liur cukup membuat gigi berisiko besar mengalami pembusukan. Kurangnya air liur akan membuat gula yang menempel tidak dibersihkan, sehingga menyebabkan bakteri.
3.   Kebersihan mulut (Oral Higiene).
Sebagaimana diketahui bahwa salah satu komponen dalam pembentukan karies adalah plak. Telah dicoba membandingkan insidens karies gigi selama 2 tahun pada 429 orang mahasiswa yang menyikat giginya dengan teratur setiap habis makan dengan mahasiswa yng menyikat giginya pada waktu bangun tidur dan malam pada waktu sebelum tidur, ternyata bahwa golongan mahasiswa yang menyikat giginya secara teratur rata-rata 41% lebih sedikit kariesnya dibandingkan dengan golongan lainnya..

4.   Pembengkakan gusi.
Bakteri yang terkumpul disela-sela gusi dan gigi dapat mengiritasi gusi sehingga gusi infeksi dan meradang. Apabila tidak segera diobati dapat mengakibatkan gigi tanggal dan juga dapat berujung ke penyakit jantung, paru-paru dan diabetes.

Hindari penggosokan gigi yang terlalu kencang, yang dapat membuat gusi terluka atau sela-sela gusi dan gigi terbuka, sehingga makanan tidak akan masuk dan membuat gusi meradang..

5. Merokok.
Nicotine yang dihasilkan oleh tembakau dalam rokok dapat menekan aliran saliva, yang menyebabkan aktivitas karies meningkat. Dalam hal ini karies ditemukan lebih tinggi pada perokok dibandingkan dengan bukan perokok.

>>> KLIK SOLUSI SAKIT GIGI DISINI <<< 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar